Jumat, 20 September 2024

Pembukaan P5RA MTsN 2 Majene Mengangkat Tema Kearifan Lokal

Kearifan Lokal Lestarikan melalui P5RA

Info KaMAr TV News. Bertempat di Aula MTsN 2 Majene, Projek Penguatan  Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatallil Alamin (P5RA) dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Ibu HJ Marni Basir, S.Ag., M.Pd.I. Jumat, 20 September 2024.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut adalah, Para Wakamad, Koordinator Projek, Para Fasilitator projek dan seluruh siswa Kelas VII sebagai Objek Projek juga menjadi bagian dari pembukaan P5RA .

Dengan Mengangkat Tema, Kearifan Lokal, akhirnya melahirkan 3 sub tema, yaitu:

  1.  Tari Tradisional Mandar Pattuqduq
  2. Permainan Tradisional Mandar
  3. Kuliner Khas Mandar
Tema dan sub tema yang di usung Madrasah dengan tujuan agar peserta didik dapat mengenal dan lebih mencintai kekayaan budaya lokal yang hampir tergerus oleh zaman. Bukan tidak mungkin, kekayaan budaya peninggalan leluhur akan kehilangan eksistensinya kalau tidak kita angkat dan diperkenalkan sejak dini kepada generasi muda mandar, ungkap Kepala Madrasah.
Melalui kesempatan ini, projek madrasah akan berfokus pada kearifan lokal, dengan harapan, hasil aksi nyatanya benar benar bisa kita saksikan secara nyata, kualitas kuliner khas mandar tidak kalah dengan kualitas kuliner daerah lain, keunikan permainan tradisional mandar juga tidak kalau unik dan beragam permainan tradisional ditempat lain, dan kelembutan dan kegemulaian gerakan tari Pattuqduq juga tidak kalah menarik untuk kita bawa kepentas nasional bahkan internasional, sambungnya .
Kemampuan leluhur menciptakan berbagai hal perlu kita banggakan, mereka menciptakan kuliner, permainan dan tarian bukan tanpa filosopi, tapi setiap sesuatu yang mereka ciptakan selalu syarat dengan makna yang mengiringi setiap prodak mereka. Sehingga perlu kita angkat kembali ditengah persaingan tekhnologi di era globalisasi  tutupnya.

Kemudian beliau membuka secara resmi Projek P5RA yang disaksikan oleh semua sivitas Madrasah dan Siswa siswi Kelas VII yang disambut dengan tepukan meriah dari seluruh hadirin.

Demikian Info KaMAr TV News

By Tasriq.

Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...