Rabu, 20 Maret 2024

Pesantren Ramadhan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Ibadah Kaum Milenial di Bulan Ramadhan

Info Karewa Marasa TV. Dalam rangka Mengapresiasi Surat Edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Tentang Kegiatan Pembelajaran selama Bulan Ramadhan di MTsN 2 Majene disambut antusias Peserta Didik. Selasa, 19/03/24.

Madrasah yang Dikomandoi Hj. Marni Basir, S. Ag. M. pd. I Sangat Apresiatif terhadap pelaksanaan Pesantren Ramadhan yang mengusung tema ''Kunci Menjadi Pelajar Cerdas dengan Menjaga Kualitas Ibadah Kaum Milenial di Bulan Suci Ramadhan"  Melalui kanal informasih Kemadrasahan, Ibu wakamad mendaulah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan untuk membuka secara Resmi Pesantren Ramadhan 1445 H/2024 M di Ruangan Aula Madrasah.

Wakamad Kesiswaan Bapak Syukriadi, S P d I, mengawali sambutannya, dengan menyampaikan hal ikhwal penetapan dirinya mewakili Ibu Wakamad untuk membuka secara resmi pesantren Ramadhan yang diawali dengan permohonan maaf Kepala Madrasah tidak bisa hadir dalam acara tersebut karena sesuatu dan lain hal sehingga beliau Mendaulah wakamad kesiswaan membuka secara resmi kegiatan Pesantren Ramadhan yang akan berlangsung selama 5 hari kedepan. 

Lanjut beliau wakamad mengatakan bahwa, selain mempoloafi Surat Edaran Kementerian Agama tentang kegiatan selama bulan Ramadhan, beliau juga berharap agar kegiatan pesantren ini melahirkan santri santriwati yang memiliki pemahaman keagamaan yang mumpuni, meskipun Pesantren Ramadhan berlangsung singkat. Ujarnya

Kemudian beliau juga menambahkan bahwa Harapan Besar Ibu Wakamad agar dalam pelaksanaan kegiatan ini, Peserta dalam hal ini siswa siswi Madrasah berkomitmen dan bertekad kuat mengisi kegiatan Madrasah dengan menggali ilmu agama pada Pesantren Ramadhan dan menjadi peserta didik yang memiliki kepribadian berakhlakul karimah yang bisa menjadi bekal ilmu agama hingga dewasa nanti. Tutupnya

Turut hadir dalam kegiatan Pesantren Ramadhan antaralain, Akhmad Mambani, S. Pd. I, Gr. Ustad Sahibuddin, S. Pd. I, Ustad Muhammad Saharuddin, S. P. d. I, Kafrawi, S. Pd, Hj. Harmiati, S. Pd. I, Padiah, S. Pd, Para Wali Kelas dan segenap guru dan pegawai MTsN 2 Majene. 

Ditempat terpisah, Wakamad Keagamaan Bapak Ahmad Mambani, S. P d I, (Inisiator Pesantren Ramadhan) menyampaikan bahwa, Pesantren Ramadhan adalah salah satu kegiatan   MTsN 2 Majene yang dilaksanakan hanya saat bulan Ramadhan. Pesantren Ramadhan itu semacam Pondok Madrasah untuk memperdalam ilmu agama. Pesantren Ramadhan ini akan berlangsung selama 5 Hari  dan diperuntukkan bagi siswa siswi Madrasah, Kegiatan pesantren Ramadhan merupakan agenda ruting Madrasah yang sejalan dengan instruksi kementerian agama Republik Indonesia sebagaimana tertulis dalam Surat Edaran pemberitahuan Sebelum bulan Ramadhan berlangsung. tuturnya. 

Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa, Ada 4 Hal yang Akan didapatkan peserta saat Mengikuti Pesantren Ramadhan yaitu.

1. Mendapatkan Ilmu Keagamaan 

Selama mengikuti pesantren ramadhan, para peserta akan diberikan pelajaran dan pemahaman mengenai keislaman secara lebih mendalam. Biasanya, materi-materi yang diberikan saat pesantren berlangsung seperti sholat Dhuha, membaca Al-Qur'an, praktik wudhu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek, dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman serta Game Evaluasi. 

2. Mempererat Silaturahmi Dengan Teman

Dengan mengikuti kegiatan ini kamu juga bisa bertemu dan belajar bersama dengan teman-teman Madrasah meskipun lain kelas, apalagi kegiatan ini dilaksanakan dalam satu ruangan aula madrasah. 

4. Semakin Fasih membaca Al-Qur'an

Saat pesantren ramadhan berlangsung, para peserta biasanya diwajibkan untuk membaca Al-Qur'an, kegiatan ini bertujuan agar para peserta bisa fasih membaca Al-Qur'an, menghilangkan rasa malu membaca Al Qur'an, membiasakan diri membaca Al Qur'an. 

4. Mendapatkan Penilaian Tersendiri dari guru

Diakhir pertemuan pesantren ramadhan akan diadakan evaluasi dalam rangka menguji kompetensi peserta didik selama mengikuti kegiatan pesantren, kegiatan evaluasi dibuat dalam bentuk gems dengan instrumen benar salah, kemudian siswa yang mendapatkan skor tertinggi, panitia akan menghargainya dengan bingkisan hadiah.

Demikian Karewa Marasa TV News.

By Tasriq

Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...