Selasa, 20 Februari 2024

Seleksi KSM Tingkat MTsN 2 Majene

Info_Karewa Marasa TV News. Dalam rangka menghadapi gelaran Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) untuk Tahun 2024 MTsN 2 Majene melakukan seleksi peserta KSM Tingkat Madrasah, Senin. 19/02/2024.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene Bapak, DR H. Syamsuhri Halim, M. Pd, didampingi pengawas madrasah, Bapak Muhammad Yusmin, S. Ag, M. Pd. I. Kehadiran Kakankemenag Majene  merupakan kunjungan dan agenda perdana di Madrasah yang dipimpin oleh Ibu Hj. Marni Basir, S. Ag, M. Pd. I. Kegiatan Seleksi KSM yang dilaksanakan secara terbuka bagi siswa siswi kelas vii dan viii, diikuti sebanyak 38 orang. Sebagaimana dilaporkan Ketua Panitia IPM bapak Kafrawi, S. Pd. dari 38 orang peserta tersebut akan mengikuti seleksi pada mata pelajaran yang  terdiri dari, mapel Matematika sebanyak 18 orang, mapel  IPA 10 orang, dan 10 orang peserta untuk mapel IPS.

Kepala MTsN 2 Majene mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat madrasah bertujuan untuk menjaring calon-calon siswa yang berbakat dan berprestasi dalam bidang sains untuk dipersiapkan mengikuti KSM tingkat kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Bagi siswa yang masuk dan lulus seleksi pada tingkat madrasah ini nantinya akan di karantina yang kemudian dibimbing dan dibina dalam rangka persiapan menghadapi Kompetisi tingkat kabupaten dan kalau tidak ada halangan sampai tingkat nasional" ujarnya

Ia berharap kepada siswa asuhannya, walaupun bersaing sesama teman sendiri tentunya harus bersaing secara sehat, menunjukkan kemampuan masing-masing sesuai cabang kompetisi yang dipilih. "Saya ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, semoga yang terbaik bisa mewakili madrasah melaju ke tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional" harapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kemenag Majene saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa kompetisi yang bergengsi ini digulirkan oleh Kementerian Agama untuk memotivasi dan memberikan ruang kepada peserta didik untuk menyalurkan kemampuannya dalam bidang sains yang telah diintegrasikan dengan pelajaran agama. 

Ia mengaku sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dijalankan oleh kepala madrasah, bahwa kegitan KSM ini dibuka secara resmi dengan disaksikan oleh seluruh pembina yang tergabung dalam Kelompok Organisasi IPM  dan para peserta kompetisi. "Merupakan terobosan baru yang dicetuskan oleh Kepala Madrasah, Mudah-mudahan ikhtiar seperti ini bisa membawa madrasah yang hebat" tutupnya seraya membuka secara resmi KSM tingkat madrasah MTsN 2 Majene.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan silaturrahmi dengan civitas Madrasah, dalam sambutannya, kepala Kantor menekankan bahwa dalam rangka melaksanakan kewajiban kita di madrasah, marilah kita mencintai bahasa daerah, karena ada kekhawatiran suatu saat nanti bahasa daerah sebagai sebuah identitas hanya akan tinggal kenangan, penggunaan bahasa daerah dalam ruang ruang publik adalah salah satu upaya kita dalam rangka melestarikan bahasa leluhur. 

Terkhusus kepada peserta didik, sekarang sudah marak penggunaan bahasa mandar yang dicampur dengan bahasa Indonesia, itu berarti sebentar lagi identitas leluhur ini akan kehilangan jati dirinya sebagai bahasa etnik di jazira mandar. Tegasnya.

Marilah disetiap kesempatan kita bangga menggunakan bahasa mandar karena bahasa leluhur merupakan manuskrip yang perlu kita jaga dan lestarikan sampai kapanpun dan dimanapun, kemudian untuk melegitimasi pelestarian budaya mandar ini, perlu kiranya Madrasah ini memiliki laboratorium budaya mandar agar semua benda benda tradisional yang menjadi kekayaan dan khsanah kearifan lokal kita selalu dikenal sepanjang masa, tutupnya.

Demikian Kamar TV News

By Tasriq. 







Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...