Senin, 12 Februari 2024

Lantunan Syair Indah Menjadi Teman setia ditengah Aktifitas Administratoris

Info KaMAr News. Bermodalkan ketekunan, sembari telinganya dimanjakan lantunan merdu syair bernada dalam rangka merelaksasi jiwa dan pikiran pasca selesai kegiatan KBM, di MTsN 2 Majene, Senin 12/02/24.

Bapak Syukriadi, S. Pd. I, disela sela waktu istirahat, beliau menyempatkan diri melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pendidik dengan "Menganalisis Ulangan Harian siswa" Pekerjaan yang harus dikuasai oleh setiap tenaga pendidik di Madrasah.

Penilaian peserta didik adalah keharusan bagi seorang pendidik, mengingat bahwa salah satu ukuran keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan pemberian nilai dari hasil kerja peserta didik.  Penilaian tidak hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam proses belajar. Penilaian seringkali dipandang sebagai kegiatan terpisah dari proses pembelajaran, padahal seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan: assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Assessment of learning dilakukan setelah proses pembelajaran selesai dan dimaksudkan untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar. Misalnya Ulangan Harian, Ujian Sekolah, Mid semester bahkan Ujian Nasional. Assessment for learning dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Dengan adanya penilaian dan hasil evaluasi peserta didik, selanjutnya pendidik memberikan umpan balik terhadap proses belajar peserta didik, memantau kemajuan, dan menentukan kemajuan belajarnya. Penugasan, presentasi, proyek, termasuk kuis merupakan contoh-contoh bentuk assessment for learning selanjutnya. 

Penilaian juga dapat dilakukan sebagai bagian dari proses pembelajaran itu sendiri (assessment as learning). Dalam hal ini, peserta didik terlibat aktif dalam mengevaluasi kemampuan mereka sendiri dan memperbaiki cara mereka belajar. Syukriadi yang juga diberi amanah sebagai Wakamad Kesiswaan mengatakan bahwa selain kita melaksanakan kegiatan belajar mengajar, autputnya sebagaimana yang saya lakukan hari ini juga merupakan langka dalam peningkatan efektifitas belajar mengajar. Ungkapnya

Mari kita tetap mengadministrasikan segala kegiatan dimadrasah, apalagi sekarang semua administrasi dibutuhkan di berbagai kepentingan kepegawaian. Tutupnya. 

Demikian karewa maras (tasriq) 

Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...