Sabtu, 20 Januari 2024

Rapat RAPBM MTsN 2 Majene Tahun Anggaran 2024

Kegiatan dalam rangka menyusun program-program yang akan dilaksanakan oleh madrasah beserta anggarannya, tetap mengacu pada visi dan misi madrasah, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula MTsN 2 Majene, setiap peserta rapat diberikan kemerdekaan untuk menyampaikan sanggahan, usulan dan kritikan terhadap draft yang ditampilkan dan dipersentasekan oleh tim perencanaan  Bapak Kurdin Dahri, SH.

Dalam Rapat RAPBM hadir Kepala Madrasah, Ibu Hj. Marni Basir, S. Ag., M. Pd. I, Kepala TU Subhan Subaer, S. Ag, Para wakamad, Bendahara Madrasah, Staf dan segenap guru MTsN 2 Majene.

Adapun tujuan pelaksanaan RAPBM adalah, Membahas beberapa hal, di antaranya identifikasi program kerja 1 tahun, Sinkronisasi Kegiatan di RKKL dengan Visi Misi Program, Penyusunan Draft Rencana Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM) Tahun 2024, dan pembedahan program program unggulan Madrasah, dan penerimaan usulan usulan baru oleh peserta rapat. 

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah didampingi Kepala TU, Ketua Panitia RAKER Tahun 2024, memberikan sambutan dan arahan terhadap jalannya Raker, khususnya terkait Program program unggulan dan bagaimana Madrasah yang baru dipimpinnya menjadi Madrasah unggul dan berprestasi. Kemudian lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Penyusunan Anggaran RAPBM harus dilakukan dengan transparan, akuntable dan disesuaikan dengan Program Kerja Madrasah. Imbuhnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa, dalam penyusunan RAPBM, kita susun secara bersama-sama agar komponen - komponen pembiayaan nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan madrasah,” tutupnya. 

Setelah sambutan dan arahan Kepala Madrasah, kemudian diambil alih oleh Tim Perencanaan yang diwakili oleh bagian Perencanaan bersama Bendahara Madrasah, dalam  penjelasannya, Nurdin, (panggilan akrabnya) menjelaskan tentang kerangka dan susunan RAPBM Tahun 2024, dalam pemaparannya disampaikan, bahwa, ada Perbedaan Anggaran dari Tahun 2023 ke Tahun Anggaran 2024, sehingga beberapa kegiatan Madrasah yang harus mengalami pengurangan anggaran dari tahun sebelumnya. Kemudian khusus KSM, Tahun ini mendapatkan porsi lebih dari anggaran sebelumnya bahkan melebihi 400 % Tahun ini. 

Disamping itu beliau juga menjelaskan terkait mekanisme rapat RAPBM sebagaimana lazimnya, yakni tersusunnya draft rencana program dan anggarannya, setelah itu akan dilanjutkan dengan pembahasan di komisi yang akan dipimpin langsung oleh Para Wakamad kemudian para Wakamad sebagai koordinator bidang, akan menyusun draft rencana pendapatan dan belanja madrasah, selanjutnya akan dibahas dalam Rapat pleno untuk di diskusikan, ditanggapi dan kemudian diputuskan. Ungkapnya. 

Rapat akan berlangsung 2 hari, dimulai pada hari Sabtu, 20 s/d 21 Januari 2024 di gedung Aula Madrasah dan dilanjutkan di Gasebo Kali biru kabupaten polman. Tutupnya. 

Demikian Karewa Marasa

By Tasriq

Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...