Kamis, 23 November 2023

PENDAMPINGAN IKM KORIKULUM MERDEKA TAHUN 2023.

PENDAMPINGAN KORIKULUM MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024.

Humas_Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene. Dalam rangka lebih memahami, sekaligus mendapatkan materi baru Tentang Korikulum Merdeka, maka MTsN 2 Majene berinisiasi mengadakan pendampingan secara mandiri di Gedung Aula Madrasah, Kamis, 23 November 2023.

Pendampingan Tatap Muka berbasis Mandiri di bawakan langsung oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Majene, Bapak Yusmin Muin, S. Ag., M. Ag. Kegiatan Pendampingan dihadiri Langsung oleh Kepala MTsN 2 Majene, Bapak Ismail Saleh, S. Pd., M. Pd, Para Wakamad dan segenap civitas MTsN 2 Majene, Baik Guru ASN, Honorer dan Tenaga Kependidikan/Staf. 

Kegiatan yang di moderatori oleh Wakamad Korikulum, Bapak Abd. Rahman, S. Pd. I, mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan ini adalah kegiatan tertunda, mengingat banyak agenda dan kesibukan yang akhir akhir ini sering dilaksanakan, sehingga penentuan jadwal waktu pertemuan begitu kasib untuk ditentukan, dan Alhamdulillah, hari ini apa yang selama ini dinantikan oleh guru madrasah, terkait dengan pendampingan dalam rangka pemantapan pemahaman IKM dapat kita laksanakan hari ini, tuturnya. 
Kemudian setelah moderator membuka acara pendampingan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan kepala madrasah, dalam sambutannya, kepala madrasah menyampaikan,  bahwa, kegian ini akan menjadi refleksi dan arahan untuk menambah ilmu dan menambah modal dalam rangka pengembangan MTsN 2 Majene, khususnya dalam penerapan korikulum merdeka, kemudian lebih lanjut menyampaikan bahwa, kesempatan yang berharga ini, tentunya harapan saya adalah, mari kita manfaatkan sebaik mungkin acara pendampingan hari ini, apalagi kegiatan ini begitu berharga, kalau ini bisa kita maksimalkan maka kita tidak perlu mendatangkan BDK. Tutupnya. 

Kemudian setelah sambutan kepala madrasah, dilanjutkan dengan Materi Assesmen dan Penilaian Korikulum Merdeka yang dibawakan oleh Bapak Yusmin Muin, S. Ag., M. P. d. I ( Pengawas Madrasah). 

Mengawali materi yang disampaikan, bahwa Pendampingan dalam rangka implementasi Korikulum merdeka di Madrasah, tentu semua peserta sudah tidak asing lagi dengan materi hari ini, apalagi Selama ini banyak sekali pelatihan secara mandiri yang sudah peserta ikuti, baik dalam bentuk daring maupun luring, sehingga kesiapan dalam rangka memanfaatkan sumber daya yang ada di madrasah tinggal di dorong dalam rangka implementasi. 

Lebih lanjut, beliau menyampaikan, bahwa, di Kementerian Agama khususnya di Pokjawas, ada Perubahan paradigma, perubahannya terletak pada peran pengawas yang sekarang menjadi pendamping, Konsultan, Pasilitator, bukan sebagai pengendali, superpaisor. Intinya pengawas Madrasah dalam rangka perubahan paradigma ini, diharapkan menjadi narasumber, coach/pelatih, sehingga tidak ada alasan bagi guru memiliki statemen negatif dan jangan terkesan kehadirannya seperti melihat predator. Ungkapnya. 

Terhadap pengawas, Pengawas adalah bagian kerja yang harusnya dibutuhkan oleh pelaksana pendidikan khususnya guru, karena apapun yang dilaksanakan oleh guru guru di lapangan /implementasi, pengawas adalah suatu institusi yang harusnya menjadi bagian yang dibutuhkan dan tak terpisahkan dari aktifitas guru, agar semuanya terarah dan mendapatkan implementasi yang baik.

Dalam Profil Pelajar Pancasila, yang utama bukan produknya namun lebih dari itu yakni proses dalam pembentukan karakter yang menjadi Tujuan. Oleh karena itu, guru dalam pembentukan karakter peserta didik, peran guru sangat dibutuhkan. Sehingga guru harus terus updeth informasi dan pembaharuan pembelajaran yang lebih konfrehensif disetiap tahun pelajaran. 







Demikian laporan Karena Marasa Inmas MTsN 2 Majene. 

By Tasriq


Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...