Minggu, 08 Oktober 2023

Siswi MTsN 2 Majene Ikut Pagelaran Budaya Messawe Totamma

PAGELARAN BUDAYA MESSAWE TOTAMMA ( Saiyyang Pattuqduq)

Humas - Karewa Marasa Innas MTsN 2 Majene. Pagelaran Budaya Messawe Totamma yang digelar di Desa Bonde mengikutkan Siswa-Siswi MTsN 2 Majene, diantaranya adalah, AURA, NABILA, MUHAMMAD FADEL RAMADHAN, FARHAN, SALSA, dan Beberapa Alumni. Sebanyak 50 ekor kuda dan sekitar 30 Becak bagi anak anak TK dan PAUD ikut memeriahkan Rutinitas Tahunan, Minggu, 8 Oktober 2023.
Scara harfiah Sayyang Pattu'du berarti Kuda Menari, berasal dari kata Sayyang yang berarti Kuda dan Pattu'du berarti menari. Jadi. Ini adalah salah satu budaya khas Mandar yang sampai sekarang masih lestarikan, setiap tahun pagelaran budaya ini menarik antusiasme masyarakat di kabupaten Majene, terbukti, dari sekian banyak penonton yang menyaksikan pagelaran ini, ada banyak masyarakat yang hadir dari daerah di luar kecamatan pamboang.

Kegiatan Saiyyang Pattuqduq dilaksanakan pada waktu tertentu, seperti pada waktu Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga para peserta Pagelaran Budaya tersebut disyaratkan Tamat Alquran, terkadang juga bertepatan dengan acara pernikahan, dan hajat bagi masyarakat. Beginilah cara masyarakat mandar dalam menjaga budaya dan kearifan lokal saiyyang Pattuqduq 

Aura adalah salah satu peserta dari sekian banyak peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, ananda merasa senang menjadi peserta apalagi melihat dan menyaksikan antusias penonton yang tertuju pada dirinya, lantunan syair mandar menghiasi perayaan, kelompok rebana menabuh gendang dengan lincah, sembari kuda silih berganti mengangkat kakinya bak mengerti momen dimana saatnya si kuda yang berwarna hitam coklat, menari dengan kepala dianggukkan membuat penunggangnya semakin rupawan. Senyum manis tetap menghiasi rona wajah yang anggun di punggung kuda tunggangannya, membuat perayaan saiyyang Pattuqduq sangat menarik disaksikan oleh ribuan pasang mata para penikmat dan pemerhati budaya.

Sekaitan dengan Antusias Dunia Pendidikan sebagai upaya realisasi Profil Pelajar Pancasila, Messawe Totamma adalah Kekayaan budaya yang perlu untuk dikupas tuntas dunia pendidikan, apalagi dalam rangka aktualisasi Korikulum Merdeka sangat cocok Perayaan Pagelaran Budaya Messawe Totamma (Kuda Menari) bisa menjadi pertimbangan untuk di jadikan kegiatan P5 dengan Tema Kearifan Lokal sebagi implikasi Upaya melestarikan Budaya di Mandar.

Pertahankan budaya Messawe Totamma meskipun banyak kelompok tertentu tidak mengamini kegiatan ini, tapi itu tidak akan menghalangi upaya masyarakat untuk tetap menjadikannya agenda rutin dalam rangka melestarikan budaya leluhur yang sudah berabad abad berlangsung. 

Demikian laporan Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene. 

By Tasriq

Nurmaira Alumni MTsN 2 Majene
















Tidak ada komentar:

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...