Minggu, 22 Oktober 2023

MTSN 2 MAJENE MENGIKUTI HARI SANTRI 22 OKTOBER 2023 DI STAIN MAJENE

PERINGATAN HARI SANTRI TINGKAT SULBAR DI HALAMAN STAIN MAJENE

Humas_ Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene. Apel dalam rangka peringatan hari santri tingkat Sulawesi Barat di laksanakan di Halaman Depan Kampus STAIN Majene, Minggu, 22 Oktober 2023.

Dalam Apel tersebut Hadir, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, Bapak DR H. Syafruddin Baderung, S. Pd.,, M. Pd, Kemudian beberapa Pejabat Kanwil Kementerian Agama Juga hadir dalam acara tersebut, yakni, Kabag TU, Bapak Suharli, S. Ag., M. Pd. I, DR Muhammad Dinar Faisal, M. S. I, Kepala Kantor Kemenag Majene dan hadir juga beberapa Mantan kepala Kantor Kemenag Majene.

Sebelum Apel dimulai, terlebih dahulu Kepala Kanwil Kemenag Sulbar diberikan Podium untuk menyampaikan sambutan terkait dengan acara memperingati hari santri, dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas undangan dari Ketua STAIN Majene, yakni Ibu Prof, Wasila.

kepala Kanwil Kemenag Sulbar
DR. H. Syafruddin Baderung, S. Pd., M. Pd

Selanjutnya, beliau menyampaikan, bahwa Hari Santri tidak bisa lepas dari perjuangan bangsa ini, Hari Santri ini adalah jihad memperjuangkan Bangsa dan Agama waktu itu, dan Hari Santri ini adalah momentum dikeluarkannya Fatwa dan Seruan para Ulama untuk Jihad Fisabilillah melawan Penjajah melalui Resolusi Jihad, dan Hari Santri ini adalah Jihad yang melahirkan peristiwa Heroik yakni, Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dan kemudian menjadi Hari Pahlawan. Ungkapnya. 

Kemudian beliau menyampaikan juga bahwa dengan momentum hari santri Nasional, bahwa perayaan hari santri secara nasional diperingati di tugu pahlawan 10 November di Surabaya Tutupnya. 

Dalam Apel yang dihadiri seluruh perwakilan Santri dan santriwati se sulbar yang menjadi Inspektur Apel adalah Ketua STAIN Majene, Ibu Prof. DR Wasila, ST., MT, dalam sambutannya, di depan Ribuan Santri, beliau menyampaikan bahwa, Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan tanggal 22 Oktober 2023 sebagai Hari Santri Nasional 2023. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang peran para santri yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di surabaya.

Ketua STAIN
Prof. Dr. Wasila, ST., MT.

peringatan Hari Santri tahun 2023 menyusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" Tema ini memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

“Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal Lelah dalam mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka,” demikian dijelaskan oleh Insfektur Upacara. 

Demikian Laporan Karena Marasa Inmas 

By Tasriq.






1 komentar:

Karewa Marasa TV News mengatakan...

Selamat Hari Santri Nasional Jahat Santri Jayakan Negeri.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di MTsN 2 Majene

Info KaMAr TV News . Dalam rangka memfoloapi Intruksi Kementerian Agama RI  MTsN 2 Majene bersama segenap Peserta Didik berkumpul dihalaman ...