PAS Penilaian Akhir Semester MTsN 2 Majene



Proses pembelajaran semester genap sudah diakhiri, artinya siswa siswi saatnya menghadapi Evaluasi untuk menguji seberapa besar dan seberapa persen peserta didik menyerap ilmu disetiap mata pelajaran yang sudah di ajarkan selama kurang lebih 6 bulan lamanya di MTsN 2 Majene, Senin 15/05/23.

Adapun tujuan khusus pelaksanaan Penilaian Akhir Semester antara lain:

  1. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik;
  2. Mendiagnosis kesulitan belajar;M
  3. emberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;M
  4. emotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.

Disamping itu ada beberapa prinsip yang dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) dalam rangka finalisasi penilaian hasil belajar siswa, oleh panitia setelah ditemui di sela sela kesibukannya dalam mengelola pelaksanaan PAS yang berbasis Android, sebut saja namanya Ramli, S.Pd. adapun prinsip yang harus diperhatikan antara lain:

1. Valid

Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus mengukur  pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi (kompetensi inti dan kompetensi dasar) dan standar kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi.

2. Objektif

Penilaian hasil belajar peserta didik hendaknya tidak dipengaruhi oleh subyektivitas penilai, perbedaan latar  belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender,dan hubungan emosional.

3. Transparan/terbuka

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bersifat terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian dan dasar pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan.

4. Adil

Penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

5. Terpadu

Penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

6. Menyeluruh dan berkesinambungan

Penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaianyang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

7. Bermakna

Penilaian hasil belajar oleh pendidik hendaknya mudah dipahami, mempunyai arti, bermanfaat, dan dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak, terutama guru, peserta didik, dan orang tua serta masyarakat

8. Sistematis

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

9. Akuntabel

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

10. Beracuan kriteria

Penilaian hasil belajar oleh pendidik didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.


Kemudian lebih lanjut mengatakan bahwa ke 10 prinsip tersebut menjadi acuan penting dalam rangka menghasilkan nilai akhir semester, karena memang kita sebagai guru yang bertanggung jawab adalah tumpuan bangsa dalam peningkatan pendidikan yang berkeadilan. Ungkapnya

PAS tahun pelajaran 2022/2023 Insya Allah akan berlangsung selama kurang lebih 8 hari kerja, karena ujian berbasis android, maka tentu panitia menyediakan fasilitas jaringan internet (wifi) dan Alhamdulillah jaringan internet dimadrasah lancar tanpa ada kendala dalam akses. Ungkap ketua panitia. Nuramri, S.Pd

Demikian laporan Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene

Tasriq

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTsN 2 Majene Memperingati Hardiknas 2 Mei 2024 dengan Upacara

Sampaikanlah Meskipun Hanya Satu Ayat

Syti Maharani Membanggakan Civitas MTsN 2 Majene