MTsN 2 Majene Ambil Bagian pada Pelatihan Edukasi Forum Gendre dan PIK Remaja di Lokus Stunting Kab. Majene.

Humas - Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene. BKKBN Kabupaten Majene bersama Forum GenRe dan PIK Remaja menggelar Pelatihan Edukasi oleh Forum Genre dan PIK Remaja di Lokus Stunting Kabupaten Majene, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dapur Mandar Kec. Pamboang yang dihadiri sebanyak 22 PIK Remaja diberbagai wilayah sekabupaten Majene, kamis, 19 Mei 2023.

Salah satu PIK Remaja turut hadir dalam pelatihan tersebut adalah PIK Remaja Al-Farabi MTsN 2 Majene yang didampingi oleh Nasrah Ayuwandira, S. pd. 

Ada dua orang utusan dari MTsN 2 Majene berdasarkan Undangan Panitia Penyelenggara BKKBN Nomor. 460/161/DPPKB/V/2023. Tertanggal 17 Mey 2023. yakni; Muawiyah Azzahra dan Machmud Achmadinejad.

Dalam kegiatan itu, hadir, Nuryamin, STP., MM Kepala perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Muhammad Syukri, MS., S. Kom., MM, Ketua POKJA pembangunan Keluarga BKKBN Sulbar, Muhammad Nasrun Ikhlas, SE, Ketua Forum Gendre Indonesia serta beberapa pasilitator turut hadir seperti, Riyan Fikri Maulana dan Najwa Nur salsabila.


Kegiatan yang dijadwalkan selama 2 hari akan menghadirkan materi oleh beberapa pemateri yang tentunya sudah memiliki kapasitas dalam rangka mengantar peserta menjadi pasilitator di wilayah kerjanya, mengingat banyaknya hal yang akan menjadi langkah kongkrit yang mesti dilakukan bagi kaderisasi PIk Remaja untuk lebih siap dan sigap dalam menghadapi tantangan di abad 21 terlebih lagi PIK Remaja dapat teredukasi dalam hal substansi Gizi, pencegahan Anemia dan substansi Life Skill dan Kekerasan Seksual, kemudian Remaja Majene paham bagaimana ancaman stunting itu diminimalisir.



Kepala Perwakilan BKKBN Sul ar  dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Life Skill atau Kecakapan Hidup yang dimaksud dalam konteks Program Pembinaan Ketahanan Remaja mengacu pada konsep WHO, yaitu “kemampuan untuk berperilaku adaptif dan positif yang memungkinkan remaja untuk secara efektif menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari,”.

Life Skill pada dasarnya merupakan kemampuan yang membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan kompetensi remaja saat menghadapi kenyataan hidup. Penguasaan substansi Life Skill dilakukan sebagai upaya memberdayakan remaja untuk mengambil tindakan positif untuk melindungi diri mereka sendiri dan meningkatkan kesehatan dan hubungan sosial yang positif.

Masyarakat khususnya remaja perlu dilakukan upaya terus menerus dan berkelanjutan dalam proses edukasi, kampanye, publikasi sebagai upaya pemahaman.


Terutama dalam upaya mendaratkan kebiasaan akan pengaturan pola konsumsi dan penggunaan tablet tambah darah dan diharapkan seluruh remaja Indonesia menguasai dan memiliki kecapakan tentang 10 Life Skill yang memungkinkan mereka untuk mampu menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari. 

Melalui penguasaan Life Skill para remaja diharapkan memiliki ketahanan diri yang baik, sehingga remaja dalam hal anak sekolah sejak dini akan mampu memperhatikan pola hidup sehat demi mencapai cita - citanya, kemudian negara akan lebih optimis untuk terus bersaing pada tingkat internasional karena memiliki generasi yang sehat dan berkepribadian unggul. Tutunya. 

MTsN 2 Majene begitu apresiasi terhadap kegiatan ini, apatah lagi kegiatan seperti ini sangat kami butuhkan untuk memberikan edukasi secara langsung, meskipun dalam hal ini hanya MTsN 2 Majene yang hadir setingkat SMP kalau saya perhatikan, karena rata rata yang hadir dari PIK Remaja yang sudah Tingkat Lanjutan, Komentar salah satu peserta dari PIK Al-Farabi. Sebut saja namanya Achmadinejad. 

Demikian Laporan Karewa Marasa Inmas MTsN 2 Majene. 

Kontributor

Tasriq.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTsN 2 Majene Memperingati Hardiknas 2 Mei 2024 dengan Upacara

Sampaikanlah Meskipun Hanya Satu Ayat

Syti Maharani Membanggakan Civitas MTsN 2 Majene