SOSIALISASI PENULISAN IJAZAH




(Humas)-Inmas MTsN 2 Majene. Dalam rangka persiapan pembagian ijazah, tahun pelajaran 2022/2023 bagian Sub Koordinator  korikulum dan. kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat yang di pasilitasi bagian Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene,  mengadakan sosialisasi penulisan ijazah, bertempat di Aula Olangmesa Asrama MTsN 2 Majene, dimulai pada pukul 09.30. WITA Rabu, 12/04/2023.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah seluruh Tim Penulis Ijazah, mulai dari RA, MI, MTs dan MA sekabupaten Majene. Acara yang begitu penting untuk di ikuti mengingat Ijazah adalah dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan.

Ijazah Madrasah adalah surat pernyataan resmi dan sah yang menyatakan bahwa seorang peserta didik telah tamat belajar atau lulus dari madrasah sehingga perlu kehati - hatian dalam menuliskan ijazah.

Sosialisasi penulisan ijazah dilaksanakan sebagai upaya untuk mengurangi bahkan meniadakan kesalahan penulisan, kepala Madrasah bapak Ismail Saleh, S.Pd., M.Pd disela - sela kesempatan mengatakan, bahwa alhamdulillah Tim Penulis Ijazah MTsN 2 Majene selama ini sangat solid dan tetap membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk meminimalisir kesalahan sekecil apapun, mengingat bahwa ijazah adalah hal yang sangat prinsipil dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara, kemudian merupakan dokumen yang bisa menentukan masa depan setiap warga negara.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini berlangsung ditengah kita sedang beribadah puasa, beliau sub koordinator pengembang tekhnologi kanwil kemenag sulbar menyampaikan bahwa, kegiatan ini lahir, merupakan inisiasi dari Subkor PTP, dan ini perlu kita syukuri dan apresiasi terkhusus bagi kita di bagian implementasi pendidikan karena dengan lahirnya inisiator ini maka bertambah lagi ilmu dan pemahaman bagi penulis ijazah di kabupaten majene. Pungkasnya.

Selanjutnya bapak H. Andi Sahrul, S.Ag., M.Pd.I, beliau adalah Sub Koordinator Pengembang Tekhnologi Pembelajaran, sebagai pemateri menyampaikan bahwa Ijazah selain sebagai dokumen negara, ijazah juga merupakan cara dan upaya orang untuk menjadikan dokumen penting itu menjadi dasar tuntutan bagi orang - orang tertentu untuk mengambil keuntungan dan kepentingannya, bahkan orang nomor satu di republik ini, pernah viral di media sosial, bahwa ada kelompok tertentu yang mendelegitimasi ijazahnya sampai berpengadilan. 

Kemudian ada juga yang terkadang menjadikan ijazah saudara, teman yang sudah meninggal dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingan pribadinya, bahkan pemalsuan dokumen ijazah dan pembelian ijazah untuk kepentingan pribadi sudah menjadi rahasia umum.

Olehnya itu, Penulisan Ijazah harus sesuai dengan juknis sebagimana yang kami sudah sampaikan dalam materi ini, tutupnya optimis.

Demikian Laporan Inmas MTsN 2 Majene

Kontributor

By Tasriq

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTsN 2 Majene Memperingati Hardiknas 2 Mei 2024 dengan Upacara

Sampaikanlah Meskipun Hanya Satu Ayat

Syti Maharani Membanggakan Civitas MTsN 2 Majene